Canangkan GERMAS, Wabup Meranti Ajak Masyarakat Berprilaku Sehat Mulai Dari Diri Sendiri

UTUSANNEWS, Meranti – Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim melakukan pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Tahun 2018 di Kepulauan Meranti, dengan pencanangan yang ditandai dengan pembubuhan Cap Tangan dan Cuci Tangan Masal itu, H. Said Hasyim mengajak kepada seluruh masyaralat untuk berprilaku sehat yang dimulai dari diri sendiri, bertempat dihalaman Kantor Bupati Meranti, Rabu (14/11/2018).

Turut bersama Wakil Bupati, Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, Wakil Ketua DPRD H. Muzamil, Kajari Meranti Budi Rahardjo SH MH, Ketua BKMT Meranti Hj. Syamsidar Said Hasyim, Para Asisten dan Staf Ahli, Kepala Dinas Kesehatan Meranti dr. Roswita dan Jajaran Pejabat Eselon II, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Camag Tebing Tinggi Helfandi SE M.Si beserta Kades, para pendidik dan murid PAUD.

Pencanagan Gerakan Hidup Bersih Tahun 2018 diwilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, ditandai dengan pembubuhan Cap Tangan oleh Wakil Bupati dan Ketua DPRD diikuti oleh Forkopimda dan Pejabat Eselon II, dilanjutkan dengan Cuci Tangan Masal Pakai Sabun dan Pelepasan Balon ke Udara serta pemotongan tumpeng oleh Ketua BKMT Meranti Hj. Syamsidar disaksikan seluruh hadirin.

Baca Juga :  Dinas Kesehatan dan BPKAD Meranti Naik Kelas Menjadi Tipelogi A

Usai melakukan pencanangan Gerakan Maayarakat Hidup Sehat, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, menghimbau seluruh masyarakat terutama anak anak dan remaja, untuk menjalankan prilaku hidup bersih yang dimulai dari diri sendiri.

“Mari kita budayakan berprilaku hidup bersih yang dimulai dengan menjaga diri dan keluarga untuk sehat,” ajak Wakil Bupati.

Menurutnya lagi, membudayakan hidup sehat tak cukup hanya menjaga diri tetap sehat tapi juga menjaga diri dari pergaulan yang tidak sehat, dan selalu memakan makanan sehat.

“Untuk hidup sehat, kita juga perlu menjaga pergaulan yang sehat, makan makanan yang sehat, dan saya minta kepada para pendidik untuk mengawasi jajanan yang dijual disekolah, jangan sampai makanan yang dijual tidak higienis mengandung pengawet dan perwarna yang tidak dibenarkan,” ujar Wakil Bupati.

Dan yang sangat menghawatirkan saat ini, menjauhi diri dari pergaulan Seks bebas dan LGBT yang mulai marak diera milenial saat ini.

“Mari para remaja jauhi Seks bebas apalagi LGBT, penyakit ini bisa menular,” ucap Wabup.

Terakhir, untuk mewujudkan kualitas hidup sehat secara masiv diwilayah Kepulauan Meranti, Wabup H. Said Hasyim meminta Para Camat dan Kades untuk mensosialisasikan kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga :  BRG RI Sebut Meranti Daerah Paling Cocok Untuk Penelitian Gambut

“Saya belum melihat adanya gerakan dari Camat dan Kades untuk mensosialisasikan kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, mulai saat ini mari Camat atur bagaimana sampah tidak berserakan diwilayah masing-masing, carikan solusinya…,”tegas Wabup.

Sementara itu, Camat Tebing Tinggi Helfandi SE M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranga acara Germas, khususnya pihak Puskemas Tebing Tingi, ia berharap dengan digelarnya kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan kesehatan masyarakat di Kepulauan Meranti.

Himabauan prilaku hidup sehat juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Meranti dr. Roswita, menurutnya Kurangnya kesadaran dan kemauan masyarakat terhadap pentingnya hidup sehat merupakan faktor utama tingginya resiko terserang penyakit pada masyarakat itu sendiri. Baik penyakit menular maupun tidak menular. Untuk itu perlu dilaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) guna mewujudkan Kepulauan Meranti yang sehat.

Germas merupakan gerakan yang mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan semua komponen masyarakat mewujudkan hidup sehat. Adapun yang menjadi fokus pada gerakan ini adalah Peningkatan Aktfitas Fisik, Peningkatan Prilaku Hidup Sehat, Penyediaan Pangan Sehat dan Percepatan Perbaikan Gizi, Peningkatan Pencegahan dan Deteksi Dini Penyakit, Peningkatan Kualitas Lingkungan, Peningkatan Edukasi Hidup Sehat.

Baca Juga :  Panen Raya Ikan Keli Kerjasama UR dan ICCTF, Bupati Meranti : Mari Bersama Kita Kelola Ikanya

“Semoga dengan derakan ini dapat meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berprilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

Sekedar informasi seperti dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Meranti, sosialisasi Germas sendiri dilaksanakan melalaui kegiatan Senam Sehat, Makan Buah Bersama, Promosi Konsumsi Minuman Herbal, Cuci Tangan Pakai Sabun bersama Peserta Didik.

“Kita mengharapkan dengan membiasakan hidup sehat sejak dini pada peserta didik dapat mewujudkan generasi penerus bangsa yang peduli akan kesehatan baik untuk diri sendiri maupun lingkungannya demi Indonesia sehat yang memiliki generasi berprestasi,” ujar Roswita.

Sekedar Informasi dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada pensiunan Pegawai Dinas Kesehatan Meranti dan kepada para Murid SD pemenang lomba dalam rangka Hari Kesehatan. Kegiatan Pencanagan Gerakan Masyarak Hidup Sehat di Kepulauan Meranti juga disemarakan dengan Senam Bersama dan Pemberian Doorprize menarik mulai dari Kulkasm Sepeda dan lainny kepada para peserta yang beruntung. (Advertorial)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.