Di Hari Ke 6 Perayaan Imlek, Warga Meranti Tumpah Ruah Melihat Pawai ‘Cue Lak’

UTUSANNEWS.COM, MERANTI- Dalam Memeriahkan Tahun Baru Imlek 2569 pada tahun 2018, warga etnis Tionghoa di Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar pawai ‘Cue Lak’ yang dilaksanakan tepat pada Rabu (21/02/2018) tepat dihari keenam perayaan Imlek.

Tradisi yang dirayakan setiap tahun ini merupakan salah satu peringatan hari ulang tahun Dewa Co She Kong dengan melakukan pawai keliling yang dimulai dari Vihara Sejahtera Sakti Awal Jalan A Yani Selatpanjang menuju Vihara yang ada di seluruh Selatpanjang dan akan berakhir di Vihara ini juga.

Kepada Utusannews.com, Ketua Panitia Tjuan An mengatakan kalau Ini merupakan pawai Cho She Kong yakni adalah ulang tahun Dewa Cho She Kong, dan kegiatan ini bertepatan dengan perayaan Imlek yang ke-6.

“Maka warga kita seluruh masyarakat sangat antusius khususnya budha Konghucu diarahkan ikut serta pawai,” katanya.

“Sebelumnya juga, dalam pawai ini panitia sudah dibentuk oleh yayasan yang diketuai oleh saya sendiri. Yang didukung oleh Tridarma, PSMTI, Makin, Yayasan Umat Beragama Budha, dan Yayasan vihara sakti (YSUBB) dan maka itu terbentuklah panitia. Yaitu panitia pawai cosekong yang diselenggarakan hari ini,” tambahnya.

Baca Juga :  Lagi, Permadhis PCR Gelar Acara Festival Bazar Besar-Besaran

Tjuan An juga mengatakan perayaan ini artinya seluruh umat ikut serta khususnya Budha Konghucu. Jadi menurut kepercayaannya, bahwa pawai ini diseluruh Vihara yakni dengan perlombaan Vihara serta dengan melewati vihara dengan berjalan-berjalan disetiap Vihara itu artinya untuk mendatangkan rezeki dan juga untuk menghalau seperti halnya iblis setan atau apa disimpang-simpang dijalan.

“Dalam moment ini kita akan mengunjungi sebanyak 24 vihara yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Dalam perayaan ini juga kita melibatkan pihak kepolisian dari pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti seluruh organisasi elemnt masyarakat,” pungkasnya.

“Selama perayaan imlek cukup didukung oleh Pemerintah Daerah dengan instansi terkait, seluruh ormas dan seluruh masyarakat sangat mendukung untuk mensukseskan perayaan imlek ini, termasuk pawai ciansui dan segalanya, saya sangat ucapkan terimakasih atas partisipasi dari seluruhnya, pemerintah daerah, pihak kepolisian dalam hal pengamanan dan instansi terkait termasuk ormas juga yang ikut juga dalam mensuskseskan kegiatan ini,” tambahnya.

Baca Juga :  Talkshow "Be Spectaculer,Take The Chance to Change", Jadilah Luar Biasa Ambil Kesempatan Untuk Berubah

Selama perayan imlek ini, Tjuan An mengharapkan agar perayaan ini dapat meningkat lagi, walaupun kegiatan ini sudah meningkat dang bagus sekali serta kerukunan juga sangat diperlukan dan saling menghargai satu dengan yang lain

“Kami sangat-sangat bangga atas seluruh lapisan masyarakat karena mendukung kebersamaan dalam kebinekaan NKRI,” ucapnya.

“Dan kita sangat berterimakasih atas kuniungan langsung kapolres ke lapangan ikut serta dapat mngunjungi seluruh vihara yamg dikunjungi beliau,” ucapnya kembali.

Sementara itu, Kapolres Kepulauam Meranti AKBP La Ode Proyek menilai dalam perayaan ini masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti sangat senang, apalagi momen ini merupakan moment budaya dan ibadah seperti Cian cui perayaan imlek jadikan satu sangat luarbiasa.

“kelihatan sekali masyarakat disini kompak, yakni saling menghargai dan saling bergandeng tangan,” ucapnya.

Baca Juga :  Minta Pemerintah Pusat Perhatikan Meranti, Rombongan Dewan Meranti Tinjau APBN 2018 untuk Meranti 

Dalam segi keamanan, Kapolres juga mengatakan kalau pihaknya sudah menurunkan tim untuk mencegah terjadi situasi yang tidak dimungkinkan.

Disisi laim dirinya mengucapkan terimaksih kepada masyarakat Meranti yang sudaj antusias, “Mudah-mudahan Kamtibmas ini bisa dijaga kebersamaan ini bisa dijaga,” tuturnya.

“Meranti ini merupakan Kota budaya yang sangat indah. Bayangkan saja yang masuk di Meranti ini sudah 30 ribu, karena saya memantau di Pelabuhan iti setiap harinya ada 3 ribu dan 5 ribu yang masuk,” terangnya.

Untuk itu, AKBP La Ode Mengharapkan kedepannya agar perayaan seperti ini dapat ditingkatkan lagi. Walaupun menurutnya kegiatan ini sudah nampak meriah, namun dirinya mengharapkam agar kegiatan ini lebih meriah lagi.

“Tugas saya disini hanya mendukung, memberikan peluang supaya kegiatan itu lancar. Keamanan tetap terjaga, tetap kondusif, masyarakat tenang damai. Mulai dari awal hingga akhir insyalah akan kita laksanakan dengan baik,” pungkasnya. (red/DYL)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.