Enam Organisasi Pemuda Di Meranti Gelar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

UTUSANNEWS, MERANTI – Ribuan warga antusias mengikuti Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat yang digelar bertempat di Halaman Kantor Camat Tebingtinggi Barat, Minggu (18/3/2018) pagi. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh 6 organisasi pemuda dengan membentuk Aliansi Pemuda Meranti untuk mendukung Germas.

Adapun keenam organisasi pemuda tersebut yakni HIPMA (Himpunan Pelajar Mahasiswa) Tebingtinggi Barat diwakili oleh ketua Miftahul Azhari, IPMK2M (Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Kepulauan Meranti) diwakili ketua Gusfriadi, Ketua Meranti Mengajar Basiruddin, Pengurus Kecamatan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Rustam, HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Kabupaten Meranti oleh Saddam Dewana dan Gempita Indonesia (Gerakan Masyarakat Peduli dan Cinta Nusantara ) Kabupaten Kepulauan Meranti Zulfahmi.

Kegiatan ini bertekad untuk mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif melalui hidup sehat. Untuk itu mereka sepakat untuk menyatakan tekad dan komitmen untuk mendukung Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Deklarasi ini ditanda tangani disaksikan langsung oleh Camat Tebingtinggi Barat H Idris SPd MSi, kemudian diserahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga :  Malam Pergantian Tahun, Ini Himbauan Kapolres Meranti Kepada Masyarakat Meranti

Acara yang dilaksanakan dengan dukungan 3 mitra dunia usaha ini dihadiri juga oleh Kasi Promkes Kabupaten Kepulauan Meranti, Ketua DPD KNPI Kabupaten Kepulauan Meranti dan Dinas KesehatanProvinsi Riau selaku fasilitator.

Acara yang dihadiri oleh seribuan pemuda dan masyarakat Tebingtinggi Barat ini berlangsung cukup meriah diawali dengan senam sehat bersama, cek kesehatan berupa cek kolesterol, gula darah dan asam urat serta makan buah dan sayur bersama masyarakat. Selain itu juga dilakukan sosialisasi dan pemberian tablet tambah darah untuk 250 orang Remaja Putri usia SMP dan SMA.

Pemrakarsa Aliansi Pemuda Meranti untuk Germas Basiruddin mangatakan bahwa Aliansi ini dibentuk sebagai wujud partisipasi pemuda untuk ikut andil dalam pembangunan kesehatan yang langsung menyentuh ke masyarakat.

Kedepannya Aliansi ini akan terus bergerak secara berkesinambungan secara aktif mensosialisasikan dan menggerakkan implementasi dari Inpres No. 1 Tahun 2017 ini secara maksimal secara umum di Kabupaten Kepulauan Meranti dan khususnya Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Baca Juga :  APK dan Titik Pemasangan Jelang Pilgubri 2018, Panwaslu Meranti Ingatkan Paslon Agar Taati Aturan

Lebih jauh Basirudin menyatakan bahwa dalam waktu dekat juga akan membentuk Bank Darah Hidup sebagai wujud kepedulian dan kesiapsiagaan pemuda untuk menurunkan angka kematian di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM melalui Kasi Promkes Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyatakan bahwa adanya prakarsa dari DPK KNPI Tebing Tinggi Barat ini tentunya suatu hal positif yang harus didukung. Sesuai dengan arahan Menkes tentang Sinergi Program Pusat dengan Daerah.

Ditambahkan, kedepannya kemitraan seperti inilah yang harus ditingkatkan, bahwa Germas harus dilakukan secara bersama-sama saling bahu membahu karena masalah kesehatan tidak bisa hanya diselesaikan oleh Dinas Kesehatan saja tetapi harus didukung oleh segenap Komponen masyarakat.

Baca Juga :  Dari Tahun 2017 Hingga Sekarang, 2610 E-KTP di Meranti Sudah Siap Cetak

“Tahun ini Kabupaten Kepulauan akan menjadi salah satu Kabupaten lokus Germas dari 3 Kabuapaten yang ditunjuk pusat selain Kuansing dan Rohul,” pungkasnya.

Kepada media Utusannews.com, Zulfahmi mewakili Gempita Indonesia (Gerakan Masyarakat Peduli dan Cinta Nusantara ) Kabupaten Kepulauan Meranti mengatakan sangat menyambut baik gerakan gerakan tersebut.

Menurutnya kegiatan tersebut sangat berguna dan juga bermanfaat bagi masyarkat Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Tentunya berguna untuk masyarkat banyak, untuk itu diharapkan dengan kegiatan ini agar dapat berkesinambungan kedepannya,” pungkas Pria yang akrab disapa Pak Usu itu, pada Minggu (18/03/2018) malam.

Disisi lain, Pak Usu sangat berterimakasih dan bangga, dimana Gempita ikut turut andil dalam memeriahkan serta mensukseskan kegaiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Saye tidak menutup kemungkinan bilemane organisasi, komunitas laennye ingin ikut serte di dalam kegiatan-kegiatan kedepannye,” harap Pak Usu dengan logat melayu nya. (rls/wp)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.