IKBISAR Kepulauan Meranti Peringati Maulid Nabi 1440 Hijriyah/2018 M

UTUSANNEWS, MERANTI –Sejarah dalam rangka memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW yang merupakan suatu tradisi yang sudah berjalan di indonesia pada tanggal 12 rabiul awal dalam penanggalan Hijriah, Maulid/milad bahasa Arab hari lahir, perayaan Maulid  Nabi yang berkembang di kalangan Islam sudah cukup lama sejak jauh setelah Nabi Muhammad SAW Wafat.

Secara Subtansi, peringatan ini adalah ekspersi kegembiraan dan penghormatan kepala Nabi Muhammad SAW.

Perkumpulan Keluarga Batak Islam Kabupaten Meranti (IKBISAR) Rabu (28/11/18) malam bertempat dikediaman Ibu Dahlia Br Batubara di Gg. Tawakal Kelurahan Selatpanjang Timur ikut serta dalam peringatan tersebut.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Ikbisar Meranti, disamping kegiatan hari besar islam lainnya dan rutinitas pengajian dan yasinan disetiap bulannya.

Baca Juga :  Bupati Meranti Lounching Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku

Perkumpulan keluarga batak islam saroha kabupaten kepulauan Meranti,historinya lahir pada tahun 1978,seiring dengan waktu, organisasi ini terus berkembang dan semakin ramai para anggotanya, didalam proses pelaksanaannya, organisasi ini lebih meniti beratkan dibidang keagamaan,sosial dan budaya,dimana dasar berdirinya organisasi ini untuk menghimpun dan merangkul atau dalam Bahasa Bataknya “MARTAROMBO”.

saudara-saudara seakidah,seagama,dan berasal dari daeeah yang sama diperantauan.sehingga organisasi ini akhirnya memiliki dasar hukum dan tercatat di kemenkumham dan kesbangpol kabupaten kepulauan Meranti.

Kegiatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1440 H, dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci al-qur’an,pembacaan doa, selanjutnya diisi dengan ceramah yang disampaikan oleh Bapak Ustad H.Aljufri sebagai pengisi tausiah.

Didalam ceramahnya,beliau menyampaikan betapa pentingnya kita umat islam untuk mentauladani dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagimana yang diajarkan dan disiarkan oleh baginda Rosul Muhammad SAW,dalam mengembangkan dan mensyiarkan agama islam.

Baca Juga :  Dua Pelaku Curanmor di Pekanbaru Berhasil Dibekuk, Salah Satunya Residivis

Ustad H.Aljufri,juga menyampaikan bahwa betapa pentingnya kita jika makan dan minum harus mengunakan tangan kanan ketimbang tangan kiri.

Sebelum makan sebaiknya kita minum air putih terlebih dahulu, dan tidak dibenarkan makan sambil minum.

“sebaiknya sebelum makan, kita hendaknya minum air putih terlebih dahulu, selanjutnya barulah sesudah makan baru minum kembali dengan mengunakan tangan kanan,jika kita menggunakan tangan kiri, maka disitu ada syaitan yang turut ikut mendampingi kita, karena syaitan selalu saja menggoda manusia agar tersesat kedalam lembah dosa”

Pada kesempatan itu,Dedi Yuhara Lubis,selaku ketua umum Ikbisar,juga menyampaikan perkempangan dan kemajuan oraganisasi yang dipimpinnya selama kurun waktu dua tahun ini, dimana saat ini, alhamdulillah keberadaan organisasi kita terus mengalami kemajuan dan semakin ramainya para anggota yang bergabung.

Baca Juga :  Tidak Hadir Waktu Pelantikan Kemarin, Wabup Meranti Kembali Lantik 15 Pejabat Di Meranti

“harapan saya dan kita semua, mudah-mudahan organisasi kita ini akan terus maju dan berkembang ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat, saling berdampingan antar satu dan lainnya.kedepannya nanti kita akan membuka cabang-cabang kepengurusan ditingkat kecamatan dan desa, agar supaya kita mudah untuk memantau semua warga saroha(sehati) yang berada dikabupaten Meranti yang kita cintai ini”

Pelaksanaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1440 H,dan bertepatan 2018 M itu dipimpin langsung oleh Ustad Amrul Fahmi Hasibuan yang sekaligus merupakan ketua harian Ikbisar.

Diakhir acara, para pengurus dan anggota IKBISAR Kabupaten dan Para Undangan Masyarakat setempat menikmati jedah ala kadarnya sembari bersalaman untuk mempererat silaturahmi.(red)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.