Kembali Dihebohkan, Warga Selatpanjang Temukan Cacing Pita Dalam Ikan Sardin Kalengan

UTUSANNEWS, MERANTI – Kembali, warga Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti menemukan cacing pita didalam kemasan ikan sarden kalengan dengan merk yang sama yakni ‘Mackerel’.

Temuan itu didapat dari Lili warga Jalan Puskesmas Alah Air Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, saat dirinya membeli barang tersebut disebuah toko yang ada di Selatpanjang, pada Kamis (15/03/2018).

Dari pantauan wartawan Utusannews.com saat berada dialapangan, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kepulauan Meranti bersama dengan pihak Dinas Kesehatan, Gematara dan JPKP serta bersama dengan insan perss langsung menyaksikan bersama adanya cacing pita didalam kemasan ikan sardin kalengan.

Baca Juga :  Melarikan Diri dengan Mobil dari arah Bangkinang, Ternyata Ini Modusnya Toohh.!!!

“Dari temuan itu, kita langsung mencoba membeli ikan sardin kalengan dengan merk sama dan di toko yang sama. Ini kita lakukan untuk membuktikan apakah benar ada cacing didalamnya dan ternyata terbukti ada,” ujar Kasi Perdagangan Dalam Negeri dan Luar Negeri Disperindag Hariadi, pada Kamis (15/03/2018) sore.

Setelah mengetahui adanya cacing pita didalamnya, pihak pun langsung mendatangi toko sembako yang yang menjual ikan kaleng sardin itu. “Kita datang kesana langsung, dan menanyakan ngambil barang ini dari siapa. Dengan adanya kejadian ini, kita minta ke pihak penjual untuk tidak di edarkan barang ini lagi,” terangnya.

Baca Juga :  Sudah 4 Tahun Berdiri, Namun Gedung SMK di Desa Kuala Merbau Tidak Difungsikan

“Kejadian ini kita akan laporkan dengan menyurati pihak pengawasan di Provinsi Riau, sebabkan bagian pengawasan itu sekarang kita disana,” tambahnya.

Dengan adanya kejadian ini, Hariadi menghimbau agar tidak mengkonsumsi barang ini dulu, sampai hasil tes barang di laboratorium keluar.

“Ini masih menduga-duga, apakah ada cacing pita atau tidak, dan ini harus dibuktikan dalam uji lab. Memang, kalau secara kasat mata memang benar adanya cacing pita didalam itu, tapikan harus melalui uji lab juga kalau barang itu layak atau tidak untuk dikonsumsi,” pungkasnya.

Baca Juga :  Pemkab Meranti Buka Puasa Bersama Masyarakat Meranti di Pekanbaru

Sementara itu,Kasi Kefarmasian Alkes dan PKRT Dinas Kesehatan Meranti Refiadi S Farm Apt, mengatakan kalau sempel ini (ikan sardin kalengan, red) akan dibawa ke pihak Provinsi, tepatnya di Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Riau.

“Jum’at besok Sampel ini akan kita bawa ke Mala BPOM Provinsi, sebab disini tidak ada labor untuk mengecek, terkait layak atau tidak untuk dikonsumsi barang ini,” tuturnya. (red/wp)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.