Serah Terima Bantuan, Dinas Perkebunan dan Hortikultura Meranti Kunjungi Desa Topang

UTUSANNEWS, MERANTI –Tak ingin menyianyiakan waktu setelah libur panjang sempena Idul Fitri 1440 H, hari pertama masuk kerja rombongan Dinas Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Kepulauan Meranti langsung melakukan kunjungan ke Desa Topang Kecamatan Rangsang. Bertempat dikantor Desa Topang. Senin, 10 Juni 2019.

Pergi menggunakan Speed Pemerintah, rombongan langsung disambut Kepala Desa Topang Syamsuharto, Sekretaris Desa, Staf Pemerintahan Desa, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Des Topang serta Ketua dan anggota kompok Tani Desa Topang.

Hadir pada kunjungan tersebut Ir. Ahmad Yani,M.Si Sekretaris Dinas Perkebunan dan Hortikutura,Syafril, SP Kabid Perkebunan, Dimyati, Kabid Hortikultura, Edi Junaidi, SE Kasi Sarana Prasarana, Zulkipli selalu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta Staf Doni Kurniawan, S.Pi.

Selain Halal Bil Halal, Sosialisasi pihak Dinas juga melakukan Serah terima barang milik negara dana APBN TP mandiri Dirjenbun TA 2019 berupa Bibit Kopi untuk 50 Ha lahan, Bibit Kelapa untuk 200 Ha, Pupuk Organik, Knapsack dan juga Herbisida untuk 3 Kelompok Tani Kelapa yaitu Kelompok Tani maju bersama, Kelompok Tani Kumbang sari, Kelompok Tani Sejahtera dan 1 Kelompok Tani Kopi Yaitu Kelompok Tani Suka Maju.

Baca Juga :  Jefriden Ditemukan Tewas Diperairan Selat Air Hitam Desa Sialang Pasung

Kedatangan Pihak Dinas disambut baik oleh pemerintah Desa Topang Syamsuharto, Ia sangat bersyukur atas bantuan yang terus dimasukkan oleh pihak Dinas Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Pemerintah sangat banyak membantu Desa Topang, setelah untuk 200 Ha Bibit Kelapa mungkin tahun depan kita dapat 300 Ha, ini perlu dukungan seluruh elemen masyarakat, kita harus mampu meyakinkan pemerintah bahwa bibit itu kita tanam dan kota jaga sampai berhasil sehingga pemda tidak bosan-bosannya membantu Desa kita,” Ungkap Kepala Desa Topang dihadapan rombongan dinas dan anggota Kelompok Tani.

Baca Juga :  Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Muara Takus 2019 di Meranti

Kita dari pemdes, lanjutnya, sangat berhati hati karena kita harus bertanggung jawab penuh atas bantuan ini, meski begitu syamsuharto yakin ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Agar masyarakat kami memahami cara meningkatkan perekonomian diera modern ini, saya mintak dikala ada pelatihan pertanian tolong diadakan di desa kami,” Harap Kades yang dikenal dengan nama Kacuk tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Kepulauan Meranti T. Effendi, SH yang wakili Sekretaris Dinas Perkebunan Ir. Ahmad Yani,M.Si menyampai apresiasinya dan motivasi kepada para petani agar giat dalam bertani.

“Seyogyanya Pak tengku (Kadis red) ingin sekali bersama-sama hadir, namun karena lain hal beliau tak bisa hadir, untuk itu beliau mohon maaf, beliau juga titip salam” Ujar Ahmad Yani yang disambut Wa’alaikumsalam oleh petani.

Dikatakan Ahmad Yani, “Kepala Dinas berpesan agar petani di Desa Topang semangat dan giat lagi dalam bertani. Semua bantuan itu disalurkan guna menunjang perekonomian masyarakat,” Ungkap Mantan Kepala Dinas Perikanan tersebut.

Baca Juga :  Pelaku Pembunuhan IRT di Selatpanjang yang Tewas Bersimbah Darah Berhasil Diringkus

Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang Perkebunan Syafril, SP. Ia sangat berharap kepada Kelompok Tani agar dapat segera menanam bibit kopi dan kelapa dan memanfaatkan bantuan dengan sebaik mungkin.

“ini adalah bantuan dari Direktorat jenderal perkebunan. Andai segera ditanam dan berhasil maka kedepan akan sangat mudah pemerintah membantu,” Kata Syafril

Lebih lanjut dikatakan syafril, kami akan berusaha semaksimal mungkin akan melanjutkan program bantuan kelapa sebanyak 300 Ha sehingga Desa Topang mampu mewujudkan pertanian terpadu.

“Mari berusaha sekuat tenaga kita agar memanfaatkan segala bantuan, pertanian padi Desa Topang sangat bagus, kalo ditambah dengan Kopi dan Kelapa, Desa ini akan menjadi Desa dengan Pertanian terpadu,” Tutupnya. (Red/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.