Sosialisasi Donor Darah, Sekda Meranti Ajak Masyarakat Jadi Pendonor Bantu Pasien yang Membutuhkan

UTUSANNEWS, Meranti – Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, membuka acara Sosialisasi Donor Darah dan Aksi Donor Darah yang ditaja oleh Palang Merah Indonesia Kabupaten Kepuluan Meranti ( PMI ), kegiatan yang bertujuan untuk menghimpun darah dari para pendonor itu dipusatkan di Aula Gedung Orange Kantor Bupati Kepuluan Meranti, Jl. Dorak Selatpanjang (4/12/2018).

Hadir dalam acara itu Plt. Ketua Palang Merah Meranti dr. Misri, Ketua MUI Meranti H. Mustafa, Perwakilan Dinas Kesehatan Meranti dr. Morses, dan Ustadz H. Asep Darutah, para peserta sosialisasi yang terdiri dari mahasiswa, Organisasi Kepemudaan, Perwakilan Perbankan, Perwakilan Polres Meranti dan masyarakat umum.

Baca Juga :  Maksimalkan Hasil Panen Padi Di Meranti, Ini yang Dilakukan DKPTPP Merant

Menyikapi kegiatan itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada penyelenggara yakni PMI Kepulauan Meranti atas terselenggaranya kegiatan sosial tersebut.

Menurutnya, ketersediaan darah bagi pasien yang membutuhkan sangat penting karena musibah yang menyebabkan seorang pasien membutuhkan darah tidak dapat diprediksi. Untuk itu Sekda juga menghimbau kepada masyarakat yang sehat dapat mendaftarkan diri sebagai pendonor aktif. Dengan semakin banyaknya pendonor darah akan memperbanyak stock darah yang tersimpan dilemari pendingin PMI Meranti. Sehingga ketika pasien membutuhkan darah dapat dengan mudah diperoleh.

“Mari kita bantu PMI sebagai suatu wadah penyedia darah bagi masyarakat Kepulauan Meranti yang membutuhkan, dengan cara menjadi pendonor aktif. Ini juga sebagai bentuk kepedulian kita antar sesama masyarakat yang membutuhkan,” ujar Sekda.

Baca Juga :  Lanal Dumai Lakukan Sosialisasi Penerimaan Catam/Caba dan Taruna Akmil di SMAN 1

Lebih jauh disampaikan Sekda, selain dapat membantu saudara saudara yang terkena musibah, menjadi pendonor darah juga menyehatkan karena berdasarkan hasil penelitian darah pendonor akan kembali terganti oleh tubuh dengan darah yang lebih baru atau fresh yang akan berdampak baik bagi kesehatan.

Sementara itu, dalam kegiatan donor darah tersebut juga dikemas dengan acara sosialisasi kepada masyarakat, untuk sosialisasi ini panitia pelaksana menghadirkan para nara sumber yang kompeten dibidangnya.

Adapun tiga nara sumber itu adalah Palang Merah Indonesia Kabupaten Kepulauan Meranti yang diwakili dr. H. Misri Hasanti M. Kes, Utusan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepuluan Meranti dr. Morses dan Nara Sumber yang memaparkan manfaat donor darah dari segi agama oleh Ketua MUI H. Mustafa.

Baca Juga :  Tidak Sesuai Aturan, 40 Lebih APK Ditertibkan Pihak Panwaslu Meranti

Pada kesempatan itu para nara sumber memaparkan berbagai manfaat donir darah baik dilihat dari segi kesehatan maupun dari segi agama, dari pengamatan media para peserta cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut. Dan panitian berharap melalui sosialisasi donor darah bagi masyarakat ini dapat semakin meningkatkan kepedulian dari masyarakat untuk menjadi pendonor dalam membantu saudara saudara yang membutuhkan. Kegiatan ditutup dengan foto bersama peserta, panitia dan Sekretaris Daerah H. Yulian Norwis SE MM.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.