Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa, Kades Baran Melintang Akan Bangun Kolam Ikan Setiap KK

UTUSANNEWS, MERANTI – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat desa dan meningkatkan Pendapatan Asli Desa, Pemerintah Desa Baran Melintang Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti berencana akan membuat kolam ikan untuk masyarakat desa.

Kepala Desa (Kades) Baran Melintang Penti Kurniawan mengatakan kolam ikan itu akan dibuatnya dengan konsep minimal per Kartu Keluarga (KK) di Desa Baran Melintang mempunyai minimal satu kolam ikan. Dimana kolam itu akan di isi dengan minat masyarakat yakni ikan nila, kakap dan udang.

Baca Juga :  Asisten III Sekda Meranti Intruksikan Lakukan Cek Kehadiran Pegawai

“Insyalah itu akan kita lakukan tahun depan (2019, red), saat ini kita tengah menyusun semua itu,” terangnya, Senin (31/12/2018) kepada Utusannews.com.

“Saya lihat, potensi di desa sangat bagus untuk dibuat ini (kolam, red). Apalagi rata-rata masyarakat berprofesi sebagai nelayan dan petani karet,” tambahnya.

Menurutnya, rencana itu harus jadi dilakukan, melihat banyak masyarakat di Desa yang harus mengadu nasib di negara Malaysia untuk membiayai kebutuhan hidupnya.

“Mudah-mudahan, dengan adanya progres ini mampu mengurangi pengangguran di desa. Dengan jumlah KK 460 lebih dan penduduk lebih kurang 1600,” katanya.

Baca Juga :  Ketua PKK Meranti Ajak Anggota Wujudkan 10 Program PKK

“Lagian, saat ini anggaran dana desa hanya digunakan untuk infrastruktur saja. Maka itu kita buat Program ini, agar anggaran dana desa di Baran Melintang dapat di nikmati masyarakat dan menumbuhkan ekonomi masyarakat,” tambahnya lagi.

Nantinya, dalam program ini pihaknya akan mengerakkan Badan Usaha Milih Desa (BUMdes) Baran Melintang. Maksdunya, masyarakat tinggal meletakkan hasil ikan atau udang itu kepada BUMdes Baran Melintang dan BUMdes lah yang nantinya mencari pembeli.

Saat ini, masalah yang dihadapi dalam program tersebut adalah naiknya air pasang laut kepermukaan yang bisa menggenangi kolam ikan nantinya. Untuk itu pihaknya berharap agar dinas terkait dapat mendukung program yang dibuat.

Baca Juga :  Sidang Narkotika Terdakwa Apo dan Andi dinilai Prematur dan Belum Cukup Lengkap

“Saya harap dinas terkait dapat membuat tanggul agar air masuk tidak masuk, supaya kedepannya program kolam ikan ini dapat berjalan lebih baik,” harapnya. (red/wp)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.