Uji Fungsi Pamsimas, Air Bersih Beri Manfaat Masyarakat Baran Melintang

UTUSANNEWS, Meranti – Desa Baran Melintang Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti mendapat uji fungsi program Penyedia Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Kegiatan uji fungsi yang dilaksanakan pada Kamis (10/01/2019) oleh Dinas Pekerja Umum (PU) Kepulauan Meranti yang diwakili oleh i Aza, Disi Pamsimas Meranti Koni, Ketua Asosiasi SPAM Kabupaten Meranti Marhalim, tidak terlepas dari pihak Kecamatan Pulau Merbau yang diwakili Sekcam Pulau Merbau Atan Ibrahim.

Saat dikonfirmasi pada Kamis (10/01/2019) sore, Kepala Desa (Kades) Baran Melintang Penti Kurniawan menuturkan dalam hal ini Desa Baran Melintang salah satu desa yang mendapat program Pamsimas di Kabupaten Meranti.

Baca Juga :  Wow...!!! Diduga Ada Oknum PNS Dinas PUPR Riau Kerjakan Proyek Di Meranti

“Dimana uji fungsi Porgram Pamsimas yakni berkenaan dengan debit air, mengecek aliran pipa kerumah warga pemanfaat, mengecek kran umum, mengecek TCT, pengelola pamsimas, serta KKM dan satlak,” terangnya.

Dikatakan Penti, Masyarakat Desa Baran Melintang sangat membutuhkan adanya air bersih di Desa. Untuk itu, dengan adanya satu unit pamsimas yang terbangun di Desa Baran Melintang sangat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Masyarakat Desa Baran Melintang memang sangat membutuhkan air bersih ini apalagi selama ini masyarakat desa sangat sulit untuk mendapatkan air bersih. Dengan adanya program Pamsimas ini kita merasakan betul manfaatnya,” pungkasnya.

Baca Juga :  Pihak Swalayan Sepakat Berdamai Dengan Pihak Keluarga Mantan Karyawannya

“Karna air adalah kebutuhan dasar dalam kehidupan manusia,” tambahnya.

Kades Baran Melintang menjelaskan, sebelum adanya pamsimas, masyarakat Desa Baran Melintang hanya mengandalkan air sumur dan air hujan hujan untuk memenuhi kebutuhan mandi dan masak dan juga mencuci.

“Untuk itu, kami merasa bersyukur kepada Allah SWT atas keberhasilan program Pamsimas ini sehingga masyarakat dapat menikmati air bersih,” jelasnya.

Lanjut dia menjelaskan, untuk tahap pertama ini sudah lebih dari 40 kartu keluarga (KK) pemanfaat air bersih ini yang langsung mengalir kerumah-rumah warga.

Baca Juga :  Luar Biasa, Pemkab Meranti Raih WTP 6 Kali Berturut Turut

“Kita terus melakukan pengembangan bagai mana air bersih bisa dirasakan seluruh masyrkt Baran Melintang,” katanya. (red/wp)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.