Wujudkan Pembangunan di Bidang Kesehatan, Sekda Meranti : Ketiga Komponen Ini Harus Bersinergi

UTUSANNEWS, MERANTI – Pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dalam rangka mencapai tujuan kesehatan agar kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang terwujud dalam upaya mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, hal ini merupakan investasi bagi pembangunan SDM yang poduktif.

Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SEMM, dalam sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi Perencanaan dan program Kesehatan se-Kabupaten kepulauan Meranti, pada Selasa (03/04/2018) di Ballroom Grand Meranti Hotel Jalan Kartini Selatpanjang.

Baca Juga :  Jadi Irup di Hari Otonomi Daerah Ke-22, Wabup Meranti Ajak ASN Wujudkan Kesejahteraan Rakyat

Dikatakannya, semua komponen bangsa yang berperan dalam mewujudkan pembangunan kesehatan dimulai dari Pemerintah Pusat dan daerah, lintas sektor dan swasta dan seluruh lapisan masyarakat.

“Ketiga komponen ini harus bersenergi dalam bekerjasama dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan,” paparnya.

Program lain yang didorong adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). “Dengan Germas ini akan terjalin kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang Kuat,” ujar Yulian Norwis.

Menyinggung soal permasalahan kesehatan di Kabupaten kepulauan Meranti Sekda Yulian Norwis yang akrap disapa Icut ini menyebutkan, masih banyak terjadi. Hal ini harus segera di selesaikan jika ingin meningkatkan derajat hidup saat ini dan akan datang. Terutama Puskesmas, agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan masalah kesehatan.

Baca Juga :  Jadi Narasumber di Seminar Pengelolaan dan Pengawasan Dana Desa, Berikut Arahan dari Kapolres Kampar

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten kepulauan Meranti dr.Irwandi Suwandi, dalam laporannya selaku penyelenggara kegiatan mengatakan, tujuabn diadakanm kegiatan rakor ini adalah untuk menyusun rencana terpadu kebijakan pembangunan kesehatan di Kabupaten Kepulauan Meranti, dalam pencapaian target SPM bidang Kesehatan dan juga target indicator kinerja utama Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti melalui pendekatan keluarga sehat dan universal health coverage menuju kabupaten Meranti yang sehat dan mandiri.

Kegiatan ini dilaskanakan selama tiga hari hingga Kamis (05/04/2018) dengan nara sumber kepala Diskes Provinsi Riau , Mimi Yulian Nazir, APT.MM, BPJS Dumai Perwakilan Meranti, Yasurruna, Bappeda dan Diskes Meranti. Sementara pesertanya terdiri dari seluruh Camat, kepala UPT Puskesmas, UPT Instalasi Farmasi, RSUD Meranti dan Bappeda Kepulauan Meranti. (rls)

Baca Juga :  Ada Penemuan Mayat di Jembatan Terus Pulau Merbau Meranti
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.