Berbagi Kebaikan, YFMM Laksanakan Program ‘Sedekah ayat dari Selat ke Selat’

UTUSANNEWS, MERANTI – Tidak hanya mendistribusikan bantuan di pelosok desa di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Tim Kemanusiaan Sedekah ayat dari Selat ke Selat juga mengelar tabligh akbar di pelosok-pelosok kampung di Kecamatan Tebingtinggi Timur dan Pulau Merbau yang cukup sulit untuk dijangkau yang belum ada sentuhan bantuan secara langsung.

Hal ini merupakan bentuk upaya Yayasan Fitrah Madani Meranti (YFMM) untuk membantu masyarakat agar dapat dirasakan secara merata khususnya suku sakit yang muallaf.

Selama dua hari, Tim Kemanusiaan mendistribusikan paket bantuan
sebanyak 129 Paket Sembako, 23 Kardus Besar buku-buku agama dan Al-Qur’an serta 18 paket baju layak pakai.

Bantuan tersebut diangkut menggunakan 2 perahu kapal Dakwah YFMM menyusuri perairan Kepulauan Meranti.

Tim Kemanusiaan mengawali perjalanannya untuk mendistribusikan bantuan paket sembako pada Jum’at, (15/2/2019).

Dengan menggunakan kapal, rombongan yang berjumlah 45 orang itu bertolak ke Desa Kuala Merbau dan Desa Tanjung Bunga untuk bagi-bagi sembako dan pakaian layak pakai. Kemudian pada malam harinya tim mengadakan tabligh akbar di Desa Centai.

Kemudian, pada hari Sabtu (16/2/2019) rombongan dibagi menjadi dua kelompok, ada yang melewati jalur darat menggunakan sepeda motor, ada juga yang menggunakan Pompong menuju Dusun Nerlang Desa Sungai Tohor Barat.

Seperti tak kenal lelah, rombongan yang dipimpin ketua YFMM Ustadz H Ahmad Fauzi ini kemudian bermalam di Dusun III Kampung Baru Desa Kepau Baru yang juga melakukan hal yang sama yaitu melaksanakan tablig akbar dan bagi-bagi sembako.

Usai sholat Shubuh berjamaah, pada Minggu (17/2/2019) pagi, perjalanan dilanjutkan ke Dusun I Sungai Pulau dan Dusun II Teluk Kepau Desa Kepau Baru Kecamatan Tebingtinggi Timur dan melaksanakan sholat Dzuhur di Mesjid Nurul Iman yang dibangun oleh YFMM.

Turut serta dalam kegiatan tersebut, Ketua Front Pembela Islam (FPI) Kepulauan Meranti, Hendrizal berserta anggota, Ketua Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Kepulauan Meranti Asyuro, Perwakilan Paguyuban Karya Salemba 4 Universitas Riau sebanyak 21 orang, Himpunan Mahasiswa (HIPMA) Tebingtinggi Timur, Gerakan Berbagi Membangun Negeri (GBMBN) Universitas Islam Negeri (UIN) Pekanbaru serta Ikatan Remaja Masjid Agung An Nur Pekanbaru.

“Alhamdulillah, berkat kekuatan dan niat tujuan yang mulia kita dapat bertemu di Masjid baru ini setelah melewati perjalanan selama 2 hari,” kata Ustadz Fauzi dalam sambutannya.

Ketua YFMM itu berharap dengan dibangunnya mesjid yang baru dapat meningkatkan lagi kualitas jama’ah untuk menunaikan sholat fardhu lima waktu, ia juga memotivasi anak-anak muallaf yang mengaji agar tekun, rajin dan aktif untuk memuliakan mesjid.

Lebih jauh dikatakan Fauzi, segala yang menjadi kebutuhan mesjid, pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhinya.

“Bapak dan ibu jangan cuma gara-gara sembako datang ke mesjid, ini kita bagi untuk memotivasi agar semangat lagi dalam beribadah, anak-anak juga diingatkan untuk senantiasa mengaji dimasjid, nanti kalay ada yang berprestasi kami sekolahkan gratis,” ujar Ustadz Fauzi memotivasi.

Sementara itu, mewakili Ketua Mesjid Nurul Iman Kepau Baru, Khairul Zaman S.Pd menyampaikan terimakasih sekaligus meminta maaf dengan keadaan mesjid yang belum layak untuk digunakan.

” Terimakasih kami sampaikan kepada Ketua Yayasan Fitra Madani, kawan-kawan lintas organisasi kepemudaan dan aktivis mahasiswa Pekanbaru atas kepeduliannya selama ini, yang tak pernah bosan memberikan kontribusi yang nyata dalan berbagai bentuk untuk kebangkitan umat Islam di Kepaubaru ini,” kata Khairul Zaman.

Khairul juga berharap kepada seluruh tamu yang hadir membawa berkah tersendiri untuk kampung keduanya itu.

“Tentunya ini akan menjadi motivasi dan keberkahan tersendiri untuk kami dan mullaf disini agar terus istiqomah dalam mengembangkan Agama Islam di Kepau Baru ini,” ungkapnya.

Adapun rincian 129 Paket Sembako tersebut dibagikan kepada Warga Desa Merbau 15 Paket, Desa Tanjung Bunga 20 paket, Dusun Nerlang Desa Sungai Tohor Barat 20 paket, Dusun I Desa Kepau Baru 17 paket, Dusun III Desa Kepau Baru 21 paket, dan Dusun II Desa Kepau Baru 36 paket.

Untuk diketahui Sedekah ayat dari selat ke selat adalah salah satu program Yayasan Fitrah Madani Meranti yang peduli kehidupan sosial, kegamaan dan pendidikan untuk berbagi dengan masyarakat pedalaman Kepulauan Meranti. Kegiatan-kegiatan yang di lakukan dalam program ini yakni bersilaturami dengan Masyarakat, tabligh akbar, Kultum shubuh, pembersihan lingkungan Mesjid dan Mushalla, pembagian Sembako,  pembagian pakaian layak pakaian, pembagian buku sekolah serta tahsin Al-qur’an. Program sedekah ayat dari selat ke selat ini sebelumnya sudah dilakukan pertama kali pada tahun 2015 dan yang kedua pada tahun 2017. (rls/red)

Berbagi Kebaikan, YFMM Laksanakan Program ‘Sedekah ayat dari Selat ke Selat’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas