Hampir Rampung, Dermaga Penyebrangan Roro Insit Akan Beroperasi

UTUSANNEWS, MERANTI – Pembangunan Dermaga Penyebrangan Roro Insit di Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, hampir rampung.

Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti Muzamil, menyebutkan bahwa progres pembangunan Roro Insit segera selesai dalam waktu dekat.

“Progres pembangunan 98,4 persen dan pekerjaan tambahan akan segera diselesaikan. Proyeksi kita Insyaallah pada saat hari raya idul fitri tahun ini bisa dipergunakan oleh masyarakat Meranti yang menggunakan roda 4 dari pekanbaru buton menuju ke Desa Insit ini,” kata Muzamil, saat meninjau langsung progres pembangunan tersebut.

Selanjutnya, kata Muzamil pekerjaan tambahan seperti jalan pendukung yakni Jalan M Yakub dan Jalan Perjuangan Desa Alahair tahun ini sudah dianggarkan melalui APBD Kepulauan Meranti.

“Semoga proses lelang dan pekerjaannya sesuai dengan target yang telah kita rencanakan,” harap Muzamil.

Sementara itu, Kepala seksi transportasi sungai Danau Pulau Komersial dan Printis Balai Pengelola Trasnsfortasi Darat Wilayah IV Riau Kepri, Riskan mengungkapkan bahwa Roro Insit hanya untuk sementara menunggu selesai pembangunan Jalan di Kampung Balak.

“Khusus Alai ini memang untuk sementara lintasan sambil menunggu jalan dari Kampung Balak selesai, kita upayakan nanti dari Buton langsung kesini dan sebenarnya ini hanya lintasan untuk lintasan Alai dan Pecah Buyung sambil menunggu jalan di kampung Balak,” ungkapnya.

Dijelaskan Riskan, terkait armada yang disediakan tergantung anggaran, dan biasanya dari awal melalui anggaran perintis kemungkinan hanya dengan 1 kapal dan dilihat dari perkembangan jika memang ini sudah disesuai maka akan buka secara komersial.

“Secara komersial biasanya kita tawarkan pemilik-pemilik kapal untuk melayani lintasan ini,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Proyek pembangunan dari Kementerian perhubungan itu bersumber dana APBN dengan No. Kontrak 35/kontrak-DRMG/BPTD-IV/VIII/2018, senilai Rp.44.702.880.000, dengan waktu pelaksanaan 153 hari kalender yang dikerjakan oleh PT. Aura Sinar Baru dan CV Mahoni selaku Konsultan Supervisi.

Tampak hadir dalam peninjauan, Wakil Ketua DPRD Muzamil Baharudin, Ketua Komisi B Darwin Susandy, didampingi anggota Dedi Putra dan Darsini, Kadishub Meranti Aready, Kabid Sapras Dishub Meranti Syahril, hadir juga Kepala seksi transportasi sungai Danau Pulau Komersial dan Printis Balai Pengelola Trasnsfortasi Darat Wilayah IV Riau Kepri, Riskan beserta anggota serta sejumlah instansi terkait lainnya. (red/wp)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.