Jadi Pembina di SMK Selatpanjang, Plt Ketua PMI Meranti Berikan Pemahaman Kesehatan Siswa Dengan Program UKS

UTUSANNEWS, Meranti – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) PMI yang ke 74 yang jatuh pada tanggal 17 September 2019, Plt Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kepulauan Meranti dr H Misri Hasanto M.kes menjadi pembina upacara di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negri I Selatpanjang, pada Senin (09/09/2019) pagi.

Kegiatan turut dihadiri pihak PMI Kabupaten Meranti dan Kepala Sekolah SMKN I Selatpanjang, Wakil Kepala Sekolah, Majelis Guru, Siswa dan Pegawai Sekolah SMK N I Selatpanjang.

Saat dikonfirmasi, Plt Ketua PMI Meranti dr H Misri Hasanto M.kes mengatakan dalam arahannya, dirinya memberikan tentang kesehatan siswa dengan program UKS, diantaranya promosi kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

“Alhamdulillah pihak sekolah sangat merespon baik kegiatan kita, dan Mereka minta kalau bisa adakan pemeriksaan Golongan Darah bagi semua siswa SMK,” terangnya.

Dijelaskannya, Pada UKS bisa dilakukan penyuluhan agar siswa tercegah dari berbagai penyakit, bahaya narkoba, bahaya merokok, bahaya minuman keras, dan penyakit menular lainnya seperti demam berdarah.

“Upaya pembinaan lingkungan sekolah sehat agar lingkungan sekolah tebebas dari nyamuk dan genangan air. UKS bisa juga berfungsi untuk P3K dan memberikan obat-obat yang ringan seperti sakit kepala, demam dan maag, pemberian vitamin dan membantu posyandu,” jelasnya.

“Sedangkan untuk pembinaan PMR di SMK N I Selatpanjang nantinya akan kita arahkan pada database golongan darah dan Diklat PMR,” tambahnya.

Dikatakan dr Misri, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelaelr pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pertolongan Pertama pada Kecekakaan (P3K) bagi PMR se Kabupaten di Aula SMK N I Selatpanjang.

“Untuk narasumbernya dari PMI Kabupaten Kepulauan Meranti. Masalah Waktu kita akan menyesuaikan dengan pihak Sekolah,” ucapnya. (Red/wp)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.