Pemkab Meranti Tinjau Pelabuhan Atas Insiden Jatuhnya Barang Angkutan Gerobak di Pelabuhan Lemang

UTUSANNEWS, Meranti – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti melalui dinas terkait cepat tanggap dalam insiden yang terjadi jatuhnya barang angkutan dari gerobak yang mengangkut barang di Pelabuhan bongkar muat barang Desa Lemang.

Jatuhnya barang angkutan dari gerobak diketahui di Pelabuhan Umum bongkar muat barang Desa Lemang Kecamatan Rangsang Barat (Rasbar) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Akibat musibah tersebut, Pemkab Kepulauan Meranti melalui Dinas terkait langsung tanggap untuk meninjau Pelabuhan tersebut, diantaranya yang melakukan tinjauan yakni Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Meranti, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) Meranti, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Meranti, Kabid Prasarana Perhubungan serta kabid Plt Fisik Bappeda Meranti.

Baca Juga :  GOW Meranti Gelar Seminar Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Informasi yang didapat dari Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Meranti Aready melalui Kabid Prasarana Perhubungan Syahril mengatakan pihaknya bersama instansi lainnya di Lingkungan Pemkab Meranti langsung meninjau ke lokasi pelabuhan tersebut.

“Atas peninjauan yang kita lalukan pada Selasa 07 Mei 2019, sebaiknya bangun baru agar lebih terjamin aman aktivitas bongkar muat barang atau penumpang. Diperkirakan tahun depan,” terangnya, Kamis (09/05/2019).

Dijelaskan Syahril, saat ini kondisi pelabuhan yang merupakan aktivitas bongkar muat dan penyeberangan bagi masyarakat desa setempat sangat memprihatinkan. Pasalnya, banyak kontruksi pelabuhan yang mengalami kerusakan parah.

Baca Juga :  Penyerahan Kunci Bantuan Rumah di Kecamatan 3T

“Dengan kondisi pelabuhan bagian atas, lantai pelabuhan sudah banyak rusak, karna dari kayu membuat gerobak warga tergelincir. Diliat konstruksi pondasi atau balok dari dermaga pelabuhan peranggas sudah ngalami keropos,” jelasnya.

Ditambahkannya lagi, ada tiang di Pelabuhan tersebut yang mengalami patah. Hal itu tentu dalam jangka waktu panjang sangat membahayakan bagi pengguna pelabuhan.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Meranti Darsini mengharap kepada masyarakat agar berhati-hati dalam menggunakan pelabuhan tersebut, melihat kondisi pelabuhan yang sangat memprihatinkan.

“Saya berharap kepada masyarakat lebih berhati-hati lagi dengan adanya kerusakan yang sangat tidak layak dilewati oleh kendaraan bermuatan berat,” harapnya.

Baca Juga :  Sidang Narkotika Terdakwa Apo dan Andi dinilai Prematur dan Belum Cukup Lengkap

Anggota dari Komisi II DPRD Meranti dari Partai Demokrat itupun berharap kepada instansi terkait di Pemkab Kepulauan Meranti agar sesegera mungkin menangani serta memperbaiki ketidak layakan pelabuhan tersebut, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Dinas terkait bisa segera menangani ketidak layakan adanya pelabuhan atau jembatan yang sudah tidak layak segera untuk memperbaiki yang mana masyarakat sangat memerlukan pelabuhan tersebut sebagai urat nadi utama ataupun untuk bongkar muat barang,” harapnya kembali. (red/wp)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.